Bolu Kukus Pelangi by Rosa Redia



by Rosa Redia

Buat yg bilang resep bolu kukus adalah kue kutukan wkwkwk mungkin bener juga, karena aku sebenernya jg pertama kali bikin gagal dan jadi rada takut mau nyoba lagi. Sebenernya ini jg bikin yg kedua kali, pertama bikin hasilnya mingkem, bantet sampai tumpah isinya dll padahal beberapa penangkal kutukan udah aku lakukan mulai dari melapisi tutup kukusan, air yg gak terlalu banyak sampe isi adonan yg katanya harus penuh sampe ujung cup. Tapi memang pas itu cetakanku lebih kecil dari cupnya.. Mungkin ngaruh... Akhirnya waktu mampir tbk aku beli cetakan yg sesuai paper cupku di rumah. Kebetulan Mbak Ismi jg posting bolu kukus, aku jadi inget buat coba lagi buat bikin dan ternyata berhasil ketawa bolunya πŸ˜† biarpun agak mimpes soalnya atasnya terbentur kain pelapis tutup dandang, kebetulan krn nyoba jd aku pake dandang kecil. Worth to try sih buat jajanan simple dan sehat. Lembut dan manisnya pas buat aku. Sebenernya gampang asal gak salah cara bikinnya. Karena dalam buat kue itu tips lebih penting daripada sekedar resep berupa takaran sih buat aku. Buat yg pernah gagal bikin, jangan nyerah ya! πŸ™†


Bahan-bahan
125 gr gula pasir
125 gr terigu
125 ml susu cair
1 butir telur
sejumput vanili
1 sdt SP
sesuai selera pewarna makanan


Langkah

Mixer gula, telur, tepung, vanili dan susu selama kurang lebih 5 menit.
Masukkan SP, mixer lagi hingga adonan kental. Matikan mixer.
Bagi adonan sesuai warna yg diinginkan. Beri masing2 1-2 tetes (kalau mau warnanya pastel). Aduk hingga warna rata sambil panaskan juga kukusan. Jgn lupa alasi tutupnya dgn kain bersih.
Tuang adonan kedalam paper cup yg telah dialasi cetakan bolu kukus.
Setelah kukusan panas dan mengeluarkan banyak uap, masukkan adonan tadi. Kukus selama 10 menit. Jangan dibuka2 ya...
Siap dihidangkan πŸ˜†






No comments:

Post a Comment

Featured Post

Resep Gulai Kambing Praktis Sederhana

Gulai kambing merupakan masakan khas Timur Tengah. Gulai kambing merupakan olahan daging kambing yang direbus dengan santan dan bumbu ...

Iklan Tengah Post