Resep Kue Gandasturi aka Kue Kumbu by Ashalinaqueen



by Ashalinaqueen

Kalo ditempet saya lahir (Bangka) ini namanya kue kumbu, termasuk jajanan pasar dan mudah didapat. Kalo di Tuban sendiri saya ga tau ada atau ga yang jualan kue kumbu.
Karena lagi kepingin banget maem ini, iseng2 coba bikin sendiri sambil telpon mamak buat nanyain resep dan cara bikinnya.
Karena masih penasaran sama nama indonesia nya, saya gugling dan nemulah kata gandasturi, ada juga yang nyebutin ini kue burangasa dari makassar. Apapunlah namanya ya, yang pasti kue ini enak buat lidah dan perut saya 😁


Bahan-bahan
Bahan kumbu :
100 gr kacang hijau
50 gr gula pasir / sesusai selera
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
Air (secukupnya)
Bahan lapisan/pencelup :
100 gr tepung terigu
30 gr tepung beras (bisa kurangi/tambah/skip kalau tidak suka)
2 tetes pewarna makanan jingga/kuning
1/4 sdt garam
Air (secukupnya)
Minyak (untuk menggoreng)


Langkah

Rebus kacang hijau sampai empuk dan air tinggal sedikit, kemudian masukan gula pasir+garam+vanili, aduk2 sampai tercampur rata dan masak sampai air kering/sampai kacang hijau kalis.


Setelah kacang hijau dingin, ambil sejumput, bentuk seperti perkedel.


Campur jadi satu bahan pencelup dan aduk sampai tercampur rata. kemudian masukan kumbu kacang hijau kedalam pencelup lalu goreng sampai matang.


Sajikan dengan teh hangat, nyamnyam😋😋


Ps: *membuat kumbu kacang hijau bisa juga dengan cara menumbuk kacang hijau rebus yang sudah empuk (tapi jangan sampai hancur biar masih ada butiran kacang hijaunya) BOLEHtambahkan tepung terigu supaya kumbu padat dan kalis dan ga terlalu lama masaknya 😁 *boleh juga tambahkan santan dan gula merah pada kumbu kacang hijau (bila suka).




No comments:

Post a Comment

Featured Post

Resep Gulai Kambing Praktis Sederhana

Gulai kambing merupakan masakan khas Timur Tengah. Gulai kambing merupakan olahan daging kambing yang direbus dengan santan dan bumbu ...

Iklan Tengah Post