JANGAN LANGSUNG MINUM SETELAH MAKAN..!!! INI BAHAYANYA YANG PERLU ANDA TAU..

Salah kebiasaan orang setelah makan adalah minum air dalam takaran cukup banyak. 

Minum dalam jumlah berlebih seperti ini sebenarnya cukup berisiko terhadap kesehatan. 

Sebaiknya minum air dilakukan beberapa waktu sebelum mengonsumsi makanan utama, dan tidak berlebihan minum setelah selesai makan.


Dalam sistem pencernaan sebenarnya secara alami perut mengeluarkan cairan cerna. Cairan ini membantu lancarnya proses mencerna. Namun saat banyak air masuk ke dalam perut usai makan, maka fungsi dari cairan ini akan terganggu dalam merusak partikel makanan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi jika minum banyak setelah makan:

Perut membuncit 

Air yang masuk ke perut setelah makan akan memicu terjadinya gas berlebih dan berlangsung dalam waktu cepat. Akibatnya perut menjadi kembung dan tidak nyaman.

Masalah pencernaan

Air berlebih akan membuat makanan yang dicerna menjadi lebih sulit melewati usus besar. Efeknya adalah meningkatkan risiko sembelit, gas, dan sebagainya.

Gula darah meningkat 

Makanan yang tidak sempurna tercerna akibat pengaruh air ini yaitu meningkatnya kadar gula darah. Lonjakan gula darah berlangsung cukup cepat seiirng dengan tertinggalnya makanan yang belum tercerna.

Asam lambung berlebih

Minum air setelah makan membuat asam lambung terdilusi. Ini memicu kenaikan asam lambung. Dikhawatirkan nantinya bisa memicu refluks asam.

Waktu ideal untuk minum yaitu minimal setengah jam sebelum makan. Jika ingin minum setelah makan usahakan baru dilakukan setengah jam setelahnya. Kebiasaan seperti ini menjadikan proses pencernaan makanan berlangsung lebih efektif.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Resep Gulai Kambing Praktis Sederhana

Gulai kambing merupakan masakan khas Timur Tengah. Gulai kambing merupakan olahan daging kambing yang direbus dengan santan dan bumbu ...

Iklan Tengah Post